Menikmati Gulai Daging Domba Warisan Leluhur

Menikmati Gulai Daging Domba Warisan Leluhur

gulai-domba-8

gulai-domba-5

JAM BUKA 11:00 – 16:00

Sebagai wilayah yang sudah ada sejak zaman Kolonial, Empang mewarisi segala sesuatu, dari mulai kebudayaan hingga makanan yang juga masih ada sampai saat ini. Pada kesempatan ini kami dapat mencicip olahan daging Domba di Warung Sate Pak Rebing di Empang Bogor yang sudah berjualan sejak 1940.

gulai-domba-1Gulai adalah salah satu menu andalan dari Warung Sate Pak Rebing, selain warnanya yang merah dan menggairahkan, Gulai Pak Rebing ini memiliki perbedaan mendasar pada dagingnya yang bukan berasal dari Kambing, melainkan dari Domba, Domba dipilih karena sejak awal dijual warung ini beroperasi di kawasan Empang yang merupakan pemukiman keluarga Arab. “Warung sate ini didirikan oleh Kakek saya yang bernama Pak Robaih atau lebih dikenal Rebing sejak tahun 1940.” Jelas Iwan Kurniawan cucu Pak Robaih.

Awalnya Pak Robaih jualan dengan tenda di pinggir jalan, namun seiring berjalannya waktu dan semakin padatnya jalan di wilayah Empang akhirnya berpindah ke rumah pribadi hingga sekarang, namun, meski berjualan di rumah, tamu yang berkunjung sudah dari mana saja, tidak hanya dari Bogor dan luar kota, melainkan dari luar negeri seperti Amerika, Jepang, Belanda sudah pernah mencicip olahan daging Domba di sini, tidak hanya itu, dari wistawan biasa sampai artispun pernah ke sini, Nabila Syakib, Nassa, Syahrul Gunawan adalah nama-nama yang pernah singgaj ke sini. “Alhamdulillah, ga cuma artis, hampir semua presiden kita juga pernah mampir ke sini, yang belum hanya Pak Jokowi.” Tambah Iwan Kurniawan

gulai-domba-2Meski menggunakan daging Domba, Gulai Pak Rebing ini sangat lezat dan tidak berbau yang amis, kontur dagingnya yang lembut akan membuat Anda tidak kesulitan dalam menggigit dan mengunyah. Selain Gulainya yang Lezat,  Pak Rebing memiliki menu primadona lainnya, seperti Sate, Sop, Nasi Goreng dan Nasi Rames yang pasti akan membuat Anda ketagihan ketika mencicip olahan daging Domba yang lazis dan nagih ini. “Semua primadona, namun anak-anak muda biasanya memilih nasi Parencok atau nasi rames yang berisi Nasi, Sate, Gulai, Acar, Emping dan tentunya porsinya itu jumbo.” Tutur Pak Iwan yang merupakan penjual generasi ketiga ini.

Untuk dapat mencoba Gulai Pak Rebing, kita dapat menemukannya di jalan R. Ariwinata nomor 17, Empang Bogor dengan jam operasionalnya sejak pukul 11.00 s.d. 16.00, namun, biasanya sebelum jam 16.00 sudah habis lhooo. Dan untuk rate harga sekelas Gulai Kambing, Gulai Pak Rebing di sini bernilai yang ramah kantong, yaitu berkisar 25.000 s.d. 45.000. “Kami buka setiap hari, kecuali Bulan Ramadhan.” Tutup Iwan Kurniawan sambil tersenyum dan mengajak Anda untuk mencoba.

Bagaimana, apakah Anda ingin mencoba? Ayoo ajak keluarga dan handai tolan. Selamat mencoba

 

Salam,

Robby Firliandoko

About The Author

Admin